Kamis, 09 Oktober 2014

studi kasus dua kisah Thermos dan ResortCom


                    Perbandingan pengalaman Thermos dan ResortCom  berkaitan dengan ASP


A.    Pengalaman Thermos terkait sistem ASP :

             Perusahaan Thermos dalam mengilmplementasikan  peranti lunak Oracle yang disediakan oleh penyedia layanan aplikasi, mereka menerapkan  system Oracle ecara aslinya, tanpa merubah peranti lunak tersebut untuk membuatnya bekerja dengan proses bisnisnya (tidak memerlukan integrasi kompleks dengan system administrasi kantor). Proses ini ternyata membantu meningkatkan efisien dalam penyimpanan barang dan operasi persediaan , pemasaran dan manajemen merek serta proses keuangan.


B.     Pengalaman ResortCom terkait sistem ASP :
             Sedangkan Perusahaan ResortCom terkait dengan system ASP sebagai system manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management- CRM) mereka menggunakan system CRM berdasarkan permintaan dari RightNow Technologies, mereka mengalami sedikit kesulitan karena mereka merubah/memodifikasi sitem dari RightNow yang asli  agar terintegrasi dengan baik dengan aplikasi perusahaan internal ResortCom sehingga mengakibatkan hilangnya waktu dalam pelaksanaan penerapan peranti lunak tersebut.

2. Menurut kami, pengalaman Thermos terkait ASP lebih menyenangkan dari pada pengalaman resortCom karena :
                   Peranti lunak yang diterapkan oleh Thermos adalah asli/murni dari penyedia layanan aplikasi mereka, mereka tidak merubah system tersebut untuk  melibatkan interaksi dengan program lain, namun ResortCom menggunakan  sebuah program yang disediakan oleh penyedia layanan aplikasi untuk berintegrasi dengan aplikasi perusahaan internal ResortCom untuk dapat menangani penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan , dan analitis .

Faktor-faktor dari manajemen , organisasi dan teknologi yang dapat  menjelaskan perbedaan ini adalah :
A.    Faktor manajemen: 
            Perusahaan Thermos memutuskan untuk menerapkan sistem ASP yang ditawarkan untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman penyedia , untuk menghemat biaya dan waktu , sementara perusahaan ResortCom memutuskan untuk mengadaptasi sistem ASP dengan kebutuhan yang berbasis dalam kaitannya dengan pelanggan dan kebutuhan mereka,  terkait dengan aplikasi perusahaan internal.
B.     Faktor Organisasi : 
            Perusahaan Thermos  memerlukan system yang dapat membantu meninngkatkan efisiensi dalam penyimpanan barang dan operasi persediaan, pemasaran dan manajemen merk dan proses keuangan, perusahaan ini menghadapi tantangan serius  dari tingginya harga bahan baku dan target pemesanan dari pengecer besar.
            Sedangkan ResortCom membutuhkan system manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang dapat menanganani penjualan, pemasaran bantuan pelanggan swalayan dan analitis (membagi-bagi tugas) dimana peranti lunak tersebut harus di integrasikan dengan aplikasi internal perusahaan.
C.     Faktor Teknologi :
Teknologi yang digunakan oleh Thermos adalah Oracle E-Business Suite on Demand, termasuk Oracle Management, dan Oracle Financials, semua dari Oracle, membantu Thermos untuk meningkatkan efisiensi dalam peyimpanan barang dan operasi persediaan, pemasaran dan manajemen merek, dan proses keuangan.
Sementara ResortCom  memerlukan integrasi kompleks dengan sistem back-office / aplikasi internal perusahaan yang berisis kontrak perusahaan, tagihan dan transaksi keuangan.
3.      Jika perusahaan Kami sedang mempertimbangkan pilihan untuk menggunakan penyedia layanan aplikasi , faktor-faktor  manajemen , organisasi dan teknologi yang harus dipertimbangkan ketika membuat keputusan adalah :
1.  Faktor manajemen  
              Kita harus mengetahui permasalahan dalam perusahaan yang kita miliki misalnya seperti efisiensi dalam pergudangan, efektifitas dalam pemesanan,  ketika perusahaan hanya ingin fokus pada proses bisnis inti tanpa membuang sumberdaya untuk mengoperasikan infrastruktur TI sendiri. Selanjutnya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan untuk mengatasi masalah diatas.
2. Faktor Organisasi
              Kesiapan mengenai seluruh sumber daya  dalam perusahaan termasuk SDM untuk mengoperasikan system ASP yang akan diterapkan. proses seperti yang kita terbukti lebih rumit untuk menyesuaikan bisnis kami untuk perangkat lunak, yang kita akan menghasilkan biaya tambahan yang tidak baik untuk perusahaan. Dalam sebagian besar perusahaan apa yang paling penting adalah biaya implementasi baru dari jenis ini , yang mengapa jika Anda akan membeli perangkat keras baru , yang terbaik adalah bahwa Anda membeli hanya fitur penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut atau lainnya pilihan akan bersama tim sudah memiliki pakaian untuk tidak melakukan pembelian yang tidak perlu 
3. Faktor Teknologi
              Apakah system ASP yang akan diterapkan memerlukan integrasi yang kompleks dengan system kantor administrasi perusahaan? perangkat lunak harus beradaptasi dengan proses bisnis perusahaan bukan sebaliknya. kemudahan dalam instalasi, operasi dan pemeliharaan berdasarkan pengalaman perusahaan lain yang sudah menggunakan peranti lunak yang disediakan ASP.

 

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.