STUDI KASUS : Dapatkah eBay terus
bertumbuh?
1.Apa model bisnis dan strategi
bisnis eBay? Seberapa sukseskah model
dan strategi bisnis tersebut?
A. Model bisnis ebay
Ebay merupakan perusahaan E-Commerce mengenai layanan pelelangan
online / pasar lelang online yang membantu penjual dan pembeli memperdagangkan
barangya melalui web Ebay. Pendapatan Ebay berasal dari pergerakan informasi.
B. Strategi bisnis Ebay.
Strategi bisnis Ebay
melalui perluasan secara geografis dari lingkup bisnisnya dan
inovasi yang berkelanjutan. Ebay menggunakan webnya untuk mendapatkan
keuntungan dengan cara memberikan layanan pelelangan barang. Sebagian pendapatan
Ebay berasal dari tarif dan komisi berkaitan dengan layanan perdagangannya.
Penjual membayar suatu biaya pendaftaran agar
barang mereka dapat didaftarkan , yang akan di tampilkan dalam bentuk
slide. Ebay juga memperoleh pendapatannya dari iklan langsung di situsnya.
-
dilihat dari perluasan bisnisnya,
2000: memperkenalkan Ebay Motor
2001: menunjukkan ebay store
2005:
membeli perusahaan e-commers lainnya seperti shopping.com dan mengakuisisi
penyedia layanan VOIP, SKYPE Technologis.
•
Pengenalan eBay Motors sebagai
bagian dari upaya untuk mendorong penjualan besar. eBay Motors termasuk
subkategori untuk kapal, sepeda motor, suku cadang dan aksesoris, dan banyak
lagi.
•
eBay store diluncurkan yang
memungkinkan penjual dengan track record yang terbukti, yang diverifikasi ID,
atau akun PayPal untuk mendirikan sebuah toko online dan menawarkan harga tetap
barang dagangan.
•
Acquired penyedia layanan VoIP
Skype Technologies untuk menyediakan layanan gratis atau panggilan suara murah
melalui Internet.
C. Seberapa
sukses model dan strategi bisnis Ebay.
Sejak diciptakan pada tahun 1995,
perusahaan mendapatkan lebih dari 200 juta pengguna pada tahun 2006 dan
memperkerjakan 8000 karyawan tetap serta beroperasi di 32 negara. Pada
tahun 2005, para pengguna eBay melelang 1,8 miliar barang, dengan nilai barang
yang berpindah tangan mencapai $40 miliar. Jumlah barang yang terdaftar di eBay
pada tahun 2006 diharapkan dapat melampaui 2 miliar.
2. Permasalahan
yang dihadapi :
1.
Tantangan dari pesaing
a.
Yahoo : menyaingi di pasar asia
dengan meluncurkan situs pelelangan saingan
b.
Google : menyaingi dengan
layanannya ‘AdContext’ yang menjalankan iklan online yang kontekstual yang
berdasarkan kata kunci dihalaman web.
2.
Kejujuran dan integritas dari
pelelangannya. Sebagai contoh kasus : pembeli dicurangi oleh penjual online
karena penjual melelang barang antic dengan harga tinggi tetapi sebenarnya
barang tersebut tidak memiliki nilai atau tidak berarti.
3.
Kejahatan online : penipuan
Beberapa
pembeli menyatakan bahwa eBay tidak melakukan cukup untuk mencegah penjual yang
tidak bermoral dari mengumpulkan biaya meningkat untuk barang yang tidak sah,
atau lebih buruk, tidak ada. pengguna eBay juga telah menjadi korban
penipuan pencurian identitas yang mengakibatkan dalam penggunaan yang tidak sah
dari account mereka.
4.
Hukum yang berbeda diberbagai
wilayah hukum yang berkaitan dengan kewajiban penyedia layanan online misalnya
larangan penjualan senjata, minuman keras, alcohol dan lainnya.
5.
Layanan VoIP tidak diterima dengan baik oleh banyak
penjual tinggkat atas eBay.
• Ancaman terbesar ke eBay adalah
kejujuran dan integritas lelang tersebut, lebih dari
yang memiliki beberapa, tapi tidak
kontrol total. Mereka telah membuka diri
tuntutan hukum dari pembeli yang
mengaku telah ditipu oleh penjual online.
3. Cara ebay menangani masalah :
1.
Menghadapi tantangan dari pesaing
Mengadakan hubungan kerjasama antar
perusahaan di bidang e-commercy dengan google dan yahoo
A. perjanjian dengan google : google
mendapatkan hak exclusive untuk menampilkan iklan teks pada situs pelelangan
internasional ebay.
B. perjanjian
dangan yahoo : yahoo mendapatkan hak eksklusif untuk memasang iklan untuk
situs-situs ebay di amerika serikat eBay membuat upaya untuk tetap berhubungan
dengan komunitasnya
2.
Program yang disebut Voices, yang
membawa pembeli dan penjual bersama-sama 10 kali dalam setahun di kantor pusat
perusahaan.
3.
eBay memantau setiap transaksi dan
menggunakan statistik secara real-time, memungkinkan tepat waktu pemecahan
masalah. Sebuah program voice mengumpulkan para pembeli dan penjual
bersama-sama selama sepuluh kali dalam setahun ke kantor pusat perusahaan. Para
pengguna berbincang selama 2 hari penuh dengan pejabat pejabat perusahaan
tentang aspek baik dan buruk dari layanan ebay. Ebay juga mengawasi setiap
transaksi dan menggunakan statistic secara realtime sehingga permasalahan dapat
segera diselesaikan. Komite rules, tras and safety melakukan penilaian apakah
barang-barang tertentu dapat dijual pada situs tersebut atau tidak (melarang
penjualan organ manusia misalnya).
4.
Untuk masalah hukum ebay berupaya
untuk mematuhi semua hukum dan peraturan yang diterapkan didalam banyak wilayah
yang berbeda, meskipun hukum yang berkaitan dengan kewajiban penyedia layanan
belum diatur dengan cara memblokir atau melarang penjualan barang-barang yang
illegal seperti: senjata, minuman keras dll.
5.
Ebay seharusnya membuat fitur Voip
yang lebih sederhana dan fitur-fitur
lain agar para pengguna ebay tidak
merasa kesulitan dalam menggunakan fitur-fitur yang diberikan.
Apakah
cara tersebut adalah cara yang terbaik ?
Menurut
kami tidak semuanya, misalnya pada solusi menyelesaikan perselisihan antara
penjual dan pembeli mengenai kecurangn yang dialami pelanggannya ebay sering
kali menjawab keluhan tersebut dengan meminta pembeli dan penjual menyelesaikan
perselisihan mereka sendiri, solusi yang perlu dipertimbangkan ebay yakni pihak
ebay berusaha membantu tentang kecurangan yang dialami pelanggannya dengan
membantunya melalui sarana hukum
4. Faktor manajemen, organisasi, dan teknologi yang
berpengaruh pada respon eBay terhadap
permasalahan tersebut
a. Manajemen:
Ebay harus bertanggung jawab untuk memberikan lingkungan
perdagangan yang aman kepada para penggunanya. dan menanamkan kepercayaan pada
pelanggan eBay.
b.
Organisasi: Kebijakan
Ebay untuk mengatasi masalah seperti
keamanan, penipuan, dan layanan pelanggan.
c.
Teknologi: Mengatur
model bisnis berbasis Web baru..
5.Akan eBay menjadi sukses dalam
jangka panjang? Mengapa atau mengapa
tidak?
Menurut kami, tidak untuk waktu
yang lama karena semakin muncul banyaknya pesaing baru sesama perusahaan bisnis
ecommercy seperti yahoo, google, amazon yang telah menciptakan bisnis ecommercy
nya sendiri. Jika ebay mampu membuat pelanggannya loyal dan membuat komunitas
pelanggannya tetap senang di masa depan dan mempertahankan keyakinan dari
populasi penjualnya agar tidak dikalahkan dengan pasar online lainnya adalah
kunci agar ebay tetap sukses di masa depan.
eBay adalah raksasa di pasar lelang
online. Namun, seperti semua perusahaan yang mereka tidak bisa duduk
kembali di capai mereka dan berharap bahwa ukuran atau kesuksesan sebelumnya akan
menjamin mereka pertumbuhan dan keuntungan yang
berkesinambungan. Manajemen harus terus memperkuat brand eBay, membangun basis
pengguna mereka, dan terus melakukan inovasi.
0 komentar :
Posting Komentar